STRUKTUR TUMBUHAN BESERTA FUNGSINYA


Tumbuhan atau organisme yang termasuk ke dalam kingdom Plantae memiliki peran yang penting dalam rantai makanan. Struktur tumbuhan diciptakan sedemikian rupa sehingga mampu berfotosintesis dan dapat memproduksi bahan makanannya sendiri. Mereka juga merupakan sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia. Selain sebagai sumber makanan, tumbuhan juga sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan maupun pakaian.


Secara umum, tumbuhan terdiri dari bagian-bagian, yaitu akar, batang, daun, dan bunga. Hari ini, kita akan membahas keempat bagian tersebut.


1. Akar

Salah satu struktur tumbuhan yang paling penting adalah akar. Biasanya, akar berada di bagian bawah tanaman. Jenis-jenis akar dibagi menjadi dua, yaitu akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang adalah akar yang tebal dan memiliki cabang-cabang kecil yang disebut sebagai akar lateral. Sementara itu, akar serabut memiliki bentuk yang lebih tipis dan bercabang, seperti berserat.


Selain menjaga agar tanaman dapat tumbuh dan berdiri tegak, akar berperan untuk menyerap air dan mineral dari tanah. Di beberapa jenis tumbuhan, akar merupakan tempat penyimpanan zat makanan hasil fotosintesis.


2. Batang

Batang merupakan bagian utama dari struktur tumbuhan. Batang berfungsi untuk menopang bagian tanaman lainnya, seperti daun, buah, bunga, dan pucuk. Umumnya, batang pada tumbuhan akan tumbuh ke arah cahaya.

Batang pun dapat dibagi lagi. Bagian tempat cabang dan daun tumbuh disebut sebagai buku (node). Bagian antara dua buku disebut sebagai ruas (internode). Sementara itu, bagian ujung batang atau tempat batang melakukan pembelahan disebut sebagai tunas apikal atau pucuk. Tunas juga terdapat pada titik pertumbuhan daun dan disebut sebagai tunas lateral.


Fungsi dari batang yang pertama adalah membantu membawa air dan mineral dari akar ke bagian-bagian lain dari tanaman. Selain itu, batang juga berfungsi untuk membawa makanan yang diproduksi dari daun ke akar.

3. Daun

Daun adalah bagian tumbuhan yang umumnya memiliki karakteristik datar, hijau, dan terletak di batang. Pertumbuhan daun akan berhenti saat mencapai ukuran maksimalnya. Daun terdiri dari tangkai daun, helai daun, tulang daun, dan urat daun.

Urat daun adalah garis-garis yang tampak pada helai daun. Urat daun biasanya mengandung jaringan pembuluh yang membawa air dan makanan. Pola yang dibentuk oleh urat daun pada daun disebut juga sebagai venasi. Venasi daun dapat berbentuk menyirip maupun sejajar.


Daun merupakan tempat berlangsungnya fotosintesis menggunakan karbon dioksida dan air di bawah sinar matahari dan melibatkan zat hijau pada daun. Selama proses ini, daun melepaskan oksigen. Zat makanan yang diproduksi dari fotosintesis disimpan di berbagai bagian tanaman sebagai zat tepung.


4. Bunga

Struktur tumbuhan yang terakhir adalah bunga. Bunga berperan sebagai organ reproduksi pada tanaman. Bagian-bagian pada bunga terdiri dari kelopak, mahkota, benang sari (organ reproduksi jantan), dan putik (organ reproduksi wanita). Setelah putik menerima serbuk sari, nantinya akan tumbuh buah dari bakal biji.

Komentar